Mau tahu? Indahnya Pesona Pantai Indonesia Serasa di Negara Mesir

Indonesia memliki bermacam-macam pantai yang sangat luas. Setiap pantai memilki pesona keindahan dan keunikan tersendiri , salah satunya ialah pantai klayar yang ada di Pacitan. Keindahan wisata alam pantai klayar sangat mengagumkan para wisatawan.

Saat berkunjung di daerah wisata pantai klayar bagaikan berada di negara mesir. Ditepi pantai klayar terdapat karang raksasa bagaikan patung Sphinx yang ada di Mesir.

Selain itu , hamparan pasir putih yang sangat luas , adanya air mancur alami yang menyembur sampai ketinggian 10 meter , serta kerikil karang dengan bentuk yang unik dan suguhan seruling samudera yang sangat menawan menjadi keunikan pantai ini.


Pantai ini sangat cocok menjadi tujuan wisata bersama keluarga maupun teman-teman. Backgraound yang ada disekitar pantai klayar sangat bagus untuk diabadikan.

Pantai Klayar merupakan salah satu jenis daerah wisata pantai di Jawa Timur yang sangat menyejukkan para pengunjung. Popularitas kawasaan wisata pantai pantai klayar juga tidak kalah dengan Goa Gong di Pacitan atau Pantai Teleng Ria. Secara umum  kalangan masyarakat Jawa Timur sudah banyak yang mengenalnya dan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata pantai yang sangat menarik.


Keindahan pesona panorama pantai Klayar yang sangat mengagumkan ini , dapat dijadikan daftar rujukan kunjungan wisata. Pengunjung pantai yang satu ini tidak hanya dari kalangan domestik , melainkan banyak wisatawan mancanegara yang berbondong-bondong untuk menikmati indahnya pemandangan pantai tersebut.


Perjalanan untuk menuju daerah wisata pantai klayar terbilang sangat menantang. Dimana jalan yang dilalui untuk mencapai daerah pantai tersebut berkelok naik-turun. Makara pengunung yang menggunakan sepeda motor diharap berhati-hati.

Pantai yang memilki keindahan yang sangat luar biasa ini merupakan daerah wisata tervavorit penduduk setempat. Seiring berjalannya waktu daerah wisata pantai klayar semakin ngetrend.


Selain seolah-olah daerah wisata yang ada di negara mesir , bentuk karang yang ada disetiap tepi pantai klayar  juga mirip tempat wisata Tanah Lot di Bali. Keindahan karang raksasa serta semburan air dari dalam lapisan bebatuan sangat menawan yang memiliki ketinggian sampai 10 meter.

Keunikan lainnya yang dapat dijumpai oleh setiap pengunjung daerah pantai Klayar  berupa seruling samudra. Fenomena seruling samudera ini merupakan suara seolah-olah seruling hasil dari semburan air laut yang terdapat dicekungan pada bab bawah tebing atau batuan yang ada di pantai.

Para wisatawan ketika berada ditepi pantai Klayar harus lebih berhati-hati. Karena terjangan ombak pantai klayar terbilang sangat besar serta memiliki banyak tebing. Tebing-tebing tersebut sangat besar dan menjulang dengan ketinggian sampai mencapai  50 meter.


Tebing karang tersebut merupakan salah satu gugusan karang yang ada di daerah wisata pantai Klayar Pacitan yang memiliki panorama sangat eksotis.

Sambil menunggu indahnya panorama matahari terbenam , pengunjung juga dapat menikmati minuman es legen yang ada disekitar daerah wisata pantai klayar. Keindahan pantai klayar memang sangat memukau.


Namun , untuk mencapai daerah wisata pantai klayar pengunjung harus menggunakan kendaraan langsung berupa sepeda motor maupun kendaraan beroda empat atau menyewa dari biro travel. Karena ketika ini , belum tersedia jenis angkutan umum yang jadikan alat transportasi untuk menuju daerah wisata pantai klayar.


Secara administratif , letak daerah wisata pantai Klayar berada didaerah Desa Kalak , Kecamatan Donorojo , Kabupaten Pacitan , Provinsi Jawa Timur. Jarak dari sentra kota Pacitan sekitar 40 km ,  waktu perjalanan  yang dapat ditempuh selama sekitar 1 jam. Hal yang paling menarik , lokasi wisata pantai Klayar sangat bersahabat dengan lokasi wisata Goa Gong. Jarak antara kedua tempat wisata tersebut sekitar 12 km

Rute Perjalanan Menuju Kawasan Wisata Pantai Klayar Pacitan

- Perjalanan dari arah Jogjakarta , untuk menuju pantai Klayar dapat melalui rute alernatif daerah Wonosari di Gunungkidul. Daerah yang akan dilalui ialah Pathuk – kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Punung – Pantai Klayar.

- Perjalanan dari arah Solo , untuk menuju pantai Klayar dapat melalui rute alernatif daerah Kecamatan Pracimantoro , lalu setelah tiba didaerah pertigaan Giribelah , berbelok menuju kearah kanan sampai tiba di perempatan Kalak. Dari situ , untuk menuju Pantai Klayar tinggal meneruskan perjalanan selama kurang-lebih sekitar 1 jam.

Untuk lebih jelasnya untuk menemukan Alamat Pantai Klayar: Desa Kalak , Kecamatan Donorojo , Kab. Pacitan , Jawa Timur  Dapat diakses pada titik Koordinat GPS: -8.223808 ,110.947473.

Peta Lokasi Pantai Klayar :

Komentar