Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

jerawat , komedo dan pada hasilnya noda hitam yang menghiasi wajah.

Penyebab Pori-pori Wajah Membesar

Seperti biasa , sebelum melaksanakan pengobatan , sebaiknya ketahui dahulu dengan pasti apa penyebab pori-pori wajah menjadi besar. Dengan mengetahui penyebab pori-pori wajah yang membesar , kita akan lebih mudah mencari tahu bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah dengan baik dan benar.


Beberapa factor penyebab pori-pori wajah menjadi besar yaitu:

1. Faktor Genetika

Genetik merupakan sifat alami atau bawaan dari lahir yang menjadi penyebab pori-pori wajah Anda besar. Apakah lubang pori yang besar pada wajah Anda merupakan factor genetic atau bukan , Anda dapat melihatnya dari pori-pori wajah anggota keluarga kamu. Bila ternyata semuanya sama , kemungkinan besar pori-pori wajah kau penyebabnya ialah factor genetic.

2. Produksi Minyak Berlebih

Keluarnya minyak dari kulit merupakan suatu yang alami terjadi. Minyak yang keluar dari kulit merupakan salah satu fungsi dari system kekebalan tubuh. Dengan keluarnya minyak , kulit menjadi tetap terjaga dari kekeringan sehingga dapat terhindar dari kotoran.

Bila jumlah minyak yang dikeluargan masih tergolong normal , maka itu tidak akan menjadi masalah. Namun bila jumlah minyak yang keluar dari kulit , terumata kulit wajah jumlah berlebih dan tidak wajar , maka itu juga akan berdampak buruk terutama bagi kecantikan kamu. Minyak yang keluar secara berlebihan juga merupakan penyebab pori-pori kulit wajah kau menjadi lebih besar.

3. Kotoran

Untuk penyebab yang satu ini , selain diakibatkan oleh kotoran ibarat abu dan polusi , juga dapat disebabkan oleh sisa riasa make-up yang kau gunakan sendiri.

Penggunaan produk kosmetik / produk kecantikan memang bisa membuat kau tampil lebih cantik. Namun tahukah kau , pemakaian alat kecantikan juga dapat menjadi penyebab kerusakan kulit kalau kau lupa membersihkannya.

Apalagi hingga terbawa tidur semalaman sehingga kulit kau tidak bisa bernafas , karena terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit kamu.

4. Pertumbuhan Bakteri Pada Kulit

Salah satu penyebab pori-pori wajah membesar ialah karena adanya pertumbuhan basil di wajah kamu. Salah satu tkamunya ialah dengan munculnya komedo atau bintik hitam diwajah kamu. Sehingga pori-pori pada kulit wajah kau membesar.

5. Sinar Matahari

Manfaat sinar matahari bagi kesehatan memang banyak , tapi sinar matahari juga dapat menunjukkan efek buruk pada kulit kamu. Mengapa? Karena paparan sinar matahari dapat membuat sel-sel pada permukaan kulit kau menjadi kental dan menunjukkan kesan pori-pori kau terlihat besar. Terlalu lama terpapar sinar matahari juga akan membuat kulit menjadi kering dan kusam. 

Baca: Cara alami atasi kulit kering

6. Kurang Pandai Menjaga Kebersihan Kulit

Pada dasarnya insan terlahir dengan kulit yang halus tanpa jerawat ataupun pori-pori yang besar. Namun semua duduk perkara pada kulit termasuk pori-pori besar timbul karena kita tidak pkamui menjaga kebersihan kulit.

Sehingga kesehatan kulit pun menjadi terganggu. Memang terlihat sepele tapi pada kasus terburuk , kurang pkamui membersihkan kulit dapat menjadi penyebab kanker kulit.

Cara Mengecilkan pori-pori wajah secara alami

Di atas telah disebutkan beberapa penyebab pori-pori kulit wajah kau menjadi lebih besar. Bila kau memperhatikan dengan baik , seharunya kau sudah tau apa yang harus dilakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah kau yang terbilang besar tadi.

Namun , artikel ini hanya sekedar menunjukkan informasi seputar cara dan bagaimana tips mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Mungkin dapat bermanfaat untuk kau yang ingin mengecilkan pori-pori wajah secara alami.

Berikut ini beberapa tips mengecilkan pori-pori wajah yang dapat kau lakukan di rumah.

1. Membersihkan Wajah

Cara paling mudah untuk mengecilkan pori-pori wajah ialah dengan rajin membersihkan kulit wajah. Seperti yang telah disebutkan di atas , bahwasannya kulit wajah yang dipenuhi dengan kotoran akan menyebabkan lubang keluarnya minyak tersumbat. Sumbatan kotoran ini akan menghambat keluarnya minyak sehingga pada hasilnya minyak tersebut akan memadat dan menimbulkan lobang pori-pori wajah menjadi semakin besar.

Terutama bagi kau yang sering berkegiatan di luar ruangan. Membersihkan wajah secara teratur menjadi kewajiban bila tidak ingin pori-pori wajah kau semakin membesar.

2. Eksfoliasi

Apa itu eksfoliasi? eksfoliasi yaitu mengangkat atau membersihkan kulit mati sehingga kulit menjadi terlihat lebih sehat. Bagaimana caranya? kau dapat menggunakan produk yang mengandung materi asam salisilat dengan memakai scrub untuk mengangkat dan membersihkan sel-sel kulit mati , basil dan minyak berlebih dari wajah kamu.

3. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Salah satu penyebab pori-pori kulit membesar ialah karena paparan sinar matahari. Makara untuk mencegah hal tersebut , sebaiknya gunakan pelindung fisik ibarat topi , payun dan krim pelindung kulit ketika kau berada diluar rumah.

4. Membersihkan minyak

Produksi minyak berlebih juga bisa membuat pori-pori kulit membesar maka dari itu , kita juga wajib menjaga dan membersihkan minyak berlebih dari kulit. kau dapat melakukannya dengan menggunakan kertas atau tisu. Karena kedua materi tersebut bisa menyerap minyak.

Komentar