Suka Duka Makara Pramugari Yang Dapat Kita Jadikan Sebagai Renungan Sekaligus Motivasi

Suka Duka Makara Pramugari Yang Dapat Kita Jadikan Sebagai Renungan Sekaligus Motivasi

- Motivasi. Sebuah dongeng yang datang dari pekerjaan seorang pramugrari , yang mungkin dapat anda jadikan sebagai  motivasi kerja dikala anda memperoleh pekerjaan yang mungkin menurut anda kurang begitu memuaskan anda. Bagi anda yang sering bepergian keluar kota atau keluar negeri menggunakan pesawat baik itu kelas ekonomi (low cost) atau urusan ekonomi (high cost) pasti tidak akan absurd lagi dengan wanita berparas rupawan yang selalu melempar senyum pada kita.

Tidak peduli bagaimana keadaan dirinya , mereka para pramugari akan tetap melempar senyum pada kita sekalipun mereka kita marahi.
Semua kejadian buruk , pelayanan yang tidak memuaskan pasti merekalah yang pertamakali kena semprotan dari setiap penumpang.


Mungkin perlu sedikit kau ketahui bahwa:

Setiap pramugari dilatih berenang dan masuk hutan dengan tujuan menyelamatkan penumpang ketika kejadian buruk melanda.

Mereka selalu mendahulukan setiap penumpang dalam membagi makanan , gres mereka makan setelah semua final dibagikan.

Bagi pramugari yang muslim , mereka dengan terpaksa melaksanakan tayamum sebagai pengganti wudhu.

Mereka sholat dengan aneka macam macam kondisi di jump seatnya.

Mereka mengabaikan sholat sempurna waktu demi melayani anda para penumpang. Sholat terburu-buru alasannya yaitu waktu yang mepet dalam melayani setiap penumpang. Mereka tidak menghiraukan arah kiblat untuk melaksanakan sholat.

Inilah keterbatasanku dalam pencarian nafkahku.. Bahkan antara gue & Sang Penciptaku. (keluh pramugari)

Tidak hanya anda , para penumpang yang mencicipi kepanasan ketika AC pesawat mendadak eror , mereka juga mencicipi hal yang sama dengan anda. Makara tolong berhentilah menggerutu pada mereka alasannya yaitu bukan sepenuhnya kesalahan mereka.

Saat anda mencicipi lelah dan menggerutu alasannya yaitu flight yang delay , tidak sadarkah anda kalau mereka , para pramugari sudah mejalani 6x flight yang juga terkadang delay akan tetapi masih tetap harus melayani anda dengan senyum mereka. Karena memang hanya senyum senjata mereka untuk meredakan emosi anda.

Macam-macam penumpang yang naik dalam pesawat.. Dari pejabat hingga tukang sol sepatu.. Dari yang membisu ,berisik hingga yang jail sekalipun mereka harus menegur dengan senyum & sopan..

beberapa kali mereka digoda penumpang dalam sehari.. Dari anak muda anyir kencur hingga orang bau tanah anyir tanah.. & mereka harus tetap berlaku ramah , menghindar dengan halus walau hasrat hati ingin melempar sepatu ke mukanya..

mereka bisa juga mengatasi penyakit jantung , asma , membantu persalinan.. mengoperasikan emergency equipment.. Mengatasi teroris.. Menjinakkan bom dll. Karna di pesawat cuma mereka yang bisa kalian andalkan maka pelatihan extra diberikan pada mereka..

Mereka selalu berdo'a supaya semua lancar selama penerbangan , dan juga supaya bisa pulang dengan selamat.
Kadang kau melihat mereka tersenyum semenjak take-off hingga landing ,

Jauh di dalam hatinya , mereka menangis rindu keluarga &

Memikirkan ayah bundanya yg smakin menua..

Kadang kau melihat mereka dengan barang bermerek ,

Padahal mereka berbelanja alasannya yaitu berusaha melupakan segala rasa kangen untuk pulang ke rumah karna terhalang tugas..

Kadang kau lihat mereka berjalan tergesa-gesa di pintu terminal ,

Yang kau tidak tahu , , mereka pengen harinya cepat berlalu , segera besok , dan hari selanjutnya , menimbulkan sehari lebih akrab dengan cuti tahunan mereka.. Ini melelahkan & menjemukan jauh dr keluarga…

Kadang kau lihat mereka duduk di jump seat , ketika final service , mereka tidak juga memejamkan matanya..

Kamu tidak tahu.. mereka sangat mengantuk , hingga mereka bisa tidur tanpa harus memejamkan mata.. Mereka menjalani flight pagi buta bahkan ayam pun belum berkokok.. Ataupun flight tengah malam barengan bersama kuntilanak cari makan..

Kadang kau protes alasannya yaitu tidak ada pilihan untuk makan siangmu ,

Kamu tidak pernah tahu: mereka pun pengen memenuhi keinginanmu , tapi mereka tidak bisa berbuat apa-apa. Karna tak smua ada di sini.. Ini pesawat bukan hotel berbintang.. Mereka front liner yang kena omelan kalian..

Kadang kau minta mereka membawakan tentenganmu ke bagasi diatas kawasan duduk: ,

Kamu tidak tahu: mereka tidak diijinkan melakukannya.. di samping itu mereka cewek.. Gimana kalau semua penumpang meminta hal yang sama?

Maaf.. Mereka pramugari bukan kuli..

Dan kau tidak pernah tahu , bahwa mereka juga sangat berharap ada di posisi sepertimu , bepergian dengan keluarga dan duduk di samping orang yang disayang. Duduk bersebelahan dengan kekasih untuk berangkat liburan ,

Naik pesawat untuk pulang mudik lebaran ,natal dan sebagainya , karna mereka tak seberuntung kamu

Ketika mereka melihat keluar pesawat , mereka ingin apa yang terjadi di luar sana.. Karna 70% waktunya di habiskan dalam burung besi itu..

Bukan hanya paras rupawan , smart & body bagus ,salary tinggi.. Breakfast di medan , lunch di singapura ,
numpang pipis di denpasar , Dinner di makasar dan tidur di sydney. Ini wacana hati.. Ini wacana social time yang terenggut.. Ini wacana profesionalitas. Tersenyum atas nama profesionalitas.. Mau nrimo atau palsu bukan menu pokoknya.

Semoga anda terketuk hatinya untuk berhenti memperlakukan pramugari semau anda.

Komentar