Teman atau Sahabat Sedang Sedih? Berikut Tips Menghibur Dia yang Sedang Sedih dan Galau

Tips Menghibur Teman yang Sedang Sedih dan Galau

.com - Menghilangkan Kesedihan. Kesedihan memang tidak memandang gender dan juga umur. Setiap orang mampu saja duka , dan bahkan sebagian orang sering mencicipi kesehidan. 

Mengapa demikian?
Kesedihan yang dialami oleh seseorang disebabkan oleh banyak sekali macam alasan. Hanya mereka yang mengetahui secara pasti mengapa dan apa yang membuatnya bersedih.

Bila Anda yaitu sobat terdekatnya , atau sahabat dekatnya , dukungan , motivasi dan derma moril merupakan barang berharga bagi beliau yang sedang sedih.


Tidak perlu Anda mencari tahu dan bahkan bertanya secara eksklusif berkaitan hal apa yang membuat sahabat Anda bersedih.

Ketika Anda menanyakan kenapa ia bersedih , terkadang rasa duka akan semakin menjadi-jadi karena beliau akan mengingat kembali hal yang menyedihkan tersebut hanya untuk menceritakan kembali kapada Anda.

Lantas apa yang harus dilakukan?

Bila ingin dan mencoba menghibur sahabat Anda , berikut beberapa tips yang dapat dilakukan biar kegundahan sobat Anda berangsur membaik.

1 Jadilah Pendengar Baik
Jangan terlalu bertanya mengenai apa yang membuatnya bersedih. Ketika sobat Anda sedang bersedih , menjadi pendengar yang baik merupakan langkah sempurna yang dapat dilakukan. Dengarkan dengan bersungguh-sungguh apa saja yang beliau katakan.

Bila mungkin , berikan solusi terhadap dilema yang telah beliau ceritakan kepadamu. Berikan solusi sewajarnya dan jangan hingga seolah malah Anda memarahi beliau dalam memperlihatkan solusi.

Bila tidak dapat memperlihatkan solusi dalam memecahkan dilema , maka menjadi pendengar yang baik sudah cukup membuat sobat Anda merasa diperhatikan dan ada yang mempedulikannya.

Baca: Tips Menjadi Teman Bicara yang Baik

2 Jangan Menyalahkan Sahabat
Ketika sobat Anda sedang duka , usahakan untuk tidak menyalahkannya meskipun pada kenyataannya beliau benar-benar bersalah.

Berikan perkataan serta pengertian yang halus dan menenangkan. Dengan begitu , perlahan sobat Anda akan memahami kesalahannya.

Baca: Inspirasi Kata Bijak dari Ust. Jeffry Al Buchori

3 Hindari Bercerita Tentang Kesedihan Anda
Ketika sobat Anda sedang bersedih dan membutuhkan Anda , tetapi Anda juga sedang bersedih , maka tahanlah kesedihan Anda.

Sembunyikan kesedihan Anda dan jangan ceritakan kapada sobat yang sedang membutuhkan kehadiran Anda.

Curhatan Anda mengenai kesedihan akan membuatnya menjadi merasa bersalah dan kesedihan kalian mungkin akan semakin bertambah.

Akan tetapi , pada beberapa kasus , dengan sama-sama menangis malah akan merasa bahwa dirinya tidak sendiri.

Dengan begitu kesedihan perlahan akan semakin mereda karena faktor senasib.

4 Pastikan Anda di Sampingnya
Ketika sahabat sedang tertimpa bencana alam , pastikan Anda untuk selalu ada di sampingnya. Cobalah untuk selalu ada untuknya baik dikala ia senang dan juga sedih. Hal ini menunjukkan bahwa Anda peduli kepadanya.

5 Pahami Kesedihannya
Belajarlah untuk memahami kesedihan yang dirasakan saudara atau sahabat Anda. Rasakan bahwa Anda sedang berada di posisinya biar ia merasa nyaman. Ketika Anda begitu memahami kesedihannya , hal ini mampu membuat Anda lebih berhati-hati dan senantiasa menghiburnya.

Baca: Gejala Depresi pada Anak

Itu hanya beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencoba menenangkan sobat yang sedang duka , gundah dan galau. Semoga bermanfaat.

Komentar